Friday, January 25, 2013

Faktor-Faktor Penyebab Banjir Jakarta

Hello sahabat blogger...

Setiap musim hujan tiba, banjir pasti akan selalu terjadi di mana-mana, khususnya di DKI Jakarta. Menurut saya banjir yang terjadi kali ini sangat parah karena hampir seluruh wilayah jakarta tergenang bahkan sampai-sampai ada wilayah yang bisa dikatakan tenggelam (tinggi airnya aja bisa sampai 2m lebih coy). Padahal curah hujan di jakarta tidaklah separah ketika tahun 2007 dimana juga terjadi banjir besar di DKI Jakarta.

Menurut Pantauan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), curah hujan tertinggi di Jakarta mencapai 193 mm pada hari Jumat, 18 Januari 2013.Pada tahun 2007, curah hujan bisa mencapai 340 mm dalam sehari. Walaupun demikian bukan hanya curah hujan yang menjadi faktor utama terjadinya banjir. Berikut ini beberapa pandangan saya tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya banjir besar di jakarta.

1.) Drainase yang Buruk

Menurut saya inilah faktor utama yang menyebabkan terjadinya banjir di Jakarta kali ini. Lihat saja keberadaan saluran air (gorong-gorong) di DKI Jakarta yang jumlahnya kurang besar, banyak, dan efektif. Sebagai contoh di daerah pemukinan di Kel. Batu Ampar Jakarta Timur yang mungkin hanya mengandalkan kali ini untuk saluran air. Ini ada foto sebuah kali di wilayah Batu Ampar yang di ambil dari detik.com.

Kali di Batu Ampar


2.) Keadaan Waduk di DKI Jakarta ?

Coba anda tengok negara Singapura, Bagaimana keadaan waduk di sana ? Pasti lebih baik dari pada di Jakarta. Berikut ini sebuah perbandingannya :

Di Singapura (waduk di sini di jadikan sebuah tempat konservatif)


 Di Jakarta (waduk di sini di jadikan permukiman *SENSOR*)



 3.) Air Kiriman dari dataran yang lebih tinggi

Dari tahun ke tahun pembangunan di daerah Bogor terus meningkat. Baik itu pembangunan perumahan, villa, dll. Mungkin dampak banjir di sana ketika musim penghujan tidak akan terasa. Hal ini di sebabkan karena air selalu mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah (mungkin orang Jakarta bilang Air kiriman dari Bogor). Jika terjadi hujan lebat di Bogor pasti Jakarta akan terkena imbasnya. Oleh karena itu curah hujan di jakarta belum tentu menjadi acuan untuk meramalkan terjadinya bajir di jakarta. Walaupun tidak terjadi banjir di Bogor, akan tetapi hujan lebat di sana bisa menyebabkan longsor. Memang sudah resiko untuk keadaan geografis di dataran tinggi.

Longsor di Kawasan Pucak, Bogor


Bendungan Katulampa Ketika Siaga IV


Sekian dari informasi yang saya sampaikan...




No comments:

Post a Comment

newer posts home